Beragam Minuman yang Bisa Bantu Turunkan Gula Darah

Jakarta – Gula darah yang tak terkontrol dapat menimbulkan komplikasi penyakit. Oleh karena itu seseorang sangat disarankan agar selalu memonitor gula darah dan melakukan berbagai cara mengontrolnya agar tetap berada pada batas wajar.

Nah apa saja yang dapat mengontrol gula darah? Teh kamomil disebut-sebut oleh studi yang dilaporkan dari sebuah studi dari University of Toyama dan Aberystwyth University termasuk salah satunya.

Selain itu dilansir The Daily Meal, Senin (14/8/2017), deretan minuman di bawah ini juga bisa membantu Anda menurunkan gula darah:

Pertama adalah teh hitam. Sebuah penelitian asal Cina menyebutkan bahwa teh hitam yang kaya kandungan polysaccharide bisa memperlambat penyerapan gula dalam tubuh ke aliran darah.

Didukung pula oleh satu studi dari Jerman, menyeruput 3-4 kali teh hitam setiap harinya bisa menurunkan risiko diabetes sebanyak 16 persen.

Selain teh kamomil dan teh hitam, air kelapa juga bisa masuk dalam pilihan. Kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi bisa menstabilkan gula darah. Kandungan gula yang ada dari buah yang satu ini juga tergolong rendah.

Terakhir meminum coklat panas ternyata juga bisa membantu menurunkan gula darah. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, kokoa murni (tanpa ditambahkan gula) memberi dampak peningkatan metabolisme glukosa yang mengarah pada penurunan gula darah seseorang. Akan lebih baik untuk mencampurnya dengan susu almond agar terasa sedikit manis dengan kandungan gulanya yang rendah.