Lebih Sehat Menganggur Daripada Punya Pekerjaan Tapi Selalu Stres

Jakarta – Tidak punya pekerjaan memang sangat membebani pikiran. Tapi jangan salah, punya pekerjaan juga tidak lebih sehat jika pada akhirnya jadi sering stres.

Sebuah penelitian di University of Manchester membuktikan bahwa orang-orang yang memiliki pekerjaan dengan kualitas buruk lebih banyak mengalami masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres. Orang-orang tersebut memiliki tekanan darah dan kadar kolesterol lebih tinggi.

Peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol berhubungan dengan gangguan kesehatan pada sistem kardiovaskular. Risiko mengalami stroke dan serangan jantung termasuk di dalamnya.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menganalisis 1.116 orang berusia 35-75 tahun yang menganggur pada 2009-2010. Para partisipan diamati hingga 2 tahun kemudian, sambil diukur beberapa indikator kesehatannya. Di antaranya meliputi tes darah.

Hasil pengamatan menunjukkan, perubahan status dari menganggur menjadi punya pekerjaan tetapi tidak berkualitas, berdampak pada berbagai indikator kesehatan. Termasuk di antaranya adalah kadar gula darah dan kolesterol yang memburuk.

“Sama halnya dengan pekerjaan yang baik akan berdampak baik bagi kesehatan, pekerjaan yang buruk juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan,” kata Prof Tarani Chandola yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari Dailymail.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.