PERLU BANGET MEMAHAMI PENYAKIT TBC

TBC paru kadang sering kali dibilang FLEK PARU. memang kalo dilihat dari foto dada atau foto Rontgen terlihat Flek flek nya warna Putih berkabut gitu. Kalo singkatnya dari segi medis pengertian TBC paru adalah “Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Gimana sih gejala TBC paru-paru ?

Gejalanya kalo pada orang dewasa nih:
– Batuk-batuk berdahak bisa 1 minggu hingga berbulan-bulan
– Nafsu makan menurun
– Berat badan menurun
– terlihat kurus (tidak selalu sih)
– malam-malam sering keringat dan demam hangat
– beberapa diantaranya Batuk Darah (beda lho dgn muntah darah)

Menular engga sih TBC ? Gimana Menular nya ?

Jelas Menular. cara penularannya melalui Droplet atau titik embun udara yang diBatukkan penderita TBC. Tubuh pada dasarnya kan memiliki kemampuan membuang benda asing yang ada di paru, nah pada saat ada bakteri di paru, kemudian timbul infeksi disana, dan timbul Riak atau dahak yang ngumpul disitu, nanti tubuh akan berusaha membuat reflek batuk.

Pada saat batuk –> droplet keluar bersama bakteri –> terhirup oleh orang sekitar atau lawan bicaranya–> bakteri masuk paru –> kuman berkembang biak –> terjadi infeksi –> Muncul deh Gejala-gejala umum tadi
sebenarnya ada 2 kemungkinan:
1. Bakteri masuk –> tidak sakit
2. Bakteri masuk –> sakit .
hal ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh :
– Pola makan tidak teratur, gizi tidak cukup
– Olahraga tidak pernah
– ditambah lagi Kondisi Fisik tidak Fit dan kekebalan tubuh turun.
(Kalo PENDERITA HIV / AIDS –> kemungkinan 80% bisa sakit TBC krn jelas kekebalan tubuhnya tidak ada)

Cara menyembuhkan penyakit nya bagaimana ? Apakah bisa sembuh ?

JELAS 99,09% BISA SEMBUH 
Asalkan Berobat Teratur.!!!!!

Berobat kedokter ya. Apa yang disarankan dokter wajib dipatuhi, demi kesembuhan penyakitnya.  Sebelum pengobatan biasanya akan diperiksa Dahak/Riak di laboratorium, atau diperiksa foto dada/rontgen, atau bisa keduanya.
Pengobatan rata-rata sekitar 6-9 bulan. obatnya ada 2-4 jenis. Sekarang obatnya sudah dijadiin 1 tablet jadi gak perlu repot minum banyak2 obat.

Badan sudah enakan. Berobatnya stop saja ya ?

SALAH KAPRAH!

Justru inilah yang dikawatirkan!. kebanyakan orang sudah minum obat baru 2 minggu pasti gejala-gejala sudah berkurang, Terus obat nya gak rutin diminum lagi deh. Nah, kalo seperti ini nih REPOT. Efeknya nanti bakterinya bisa kebal lho (Multi Drug Resistant). Pengobatan jadi tambah susah, ditambaha nanti obatnya pake Suntik. Dan bisa bisa sakit nya sulit disembuhkan

Lalu pencegahan untuk yang belum terkena gimana ?

Setelah tau penyakit di atas, sekarang bagia terpenting nih.
“MENCEGAH lebih baik daripada MENGOBATI” betul gak. Pepatah lain bilang “Sehat itu mahal

Pencegahannya simpel aja sih :
1. Makan makanan Bergizi
2. Rajin olahraga
3. Hunian tempat tinggal harus dilengkapi ventilasi udara yang cukup, juga Cahaya Matahari harus bisa masuk.
4. Kalo Batuk sebaiknya mulutnya ditutup pake saputangan pribadi atau pake masker
5. Bila ada orang batuk, diam2 agan tahan nafas sementara (ingat droplet tadi). Bisa juga nanti agan kasi nasihat yang baik “pak/bu maaf, kalo batuk mohon ditutup ya”

Mengingat karakteristik bakteri nya:
– mudah mati terkena ultraviolet atau cahaya matahari (lebih baik lagi kalo btuk di luar rumah)
– mati pada suhu 80*C
– Imunisasi BCG jangan lupa (waktu kecil gan) 

Poiya perlu diketahui juga, Berdasarkan RISKESDAS tahun 2013 :
Daerah dengan Penyakit menular yang yang ditularkan melalui udara, terutama kasus TBC, 5 provinsi dengan TBC tertinggi yaitu:
– jawa barat
– papua
– DKI jakarta
– Gorontalo
– Banten
– Papua Barat

Maka dari itu mari saling menjaga diri kita, tanpa merugikan orang lain.

Salam

Source : Kaskus.co.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.