Pembekalan Bagi Penderita Depresi

Hai semuanya.

Hari ini admin ingin menulis topik untuk kalian yg memiliki banyak pikiran atau depresi. Lebih tepatnya untuk gimana sih cara mengatasi penyakit depresi ?

Depresi ini merupakan pengalaman nyata sehingga kita tidak bisa meremehkan depresi dan kita harus menerimanya. Mau tidak mau kita harus menerimanya bukan menolak atau berjuang mati-matian melawannya.

Tuhan tidak pernah menciptakan segala sesuatu dengan sia-sia saudaraku, semua ada tempat dan porsinya sendiri-sendiri. Iya memang awal terkena penyakit ini rasanya seperti langit mau runtuh dan kualitas hidup menjadi turun belum lagi adanya beban dari pandangan masyarakat atau orang awam ada yang menyebut bahwa orang depresi nggak punya Iman egois segala macam dll. Yang saya sebutkan tadi tidak ada hubungannya dengan depresi, karena depresi merupakan suatu penyakit, iya penyakit!
Karena ketidak seimbangan cairan kimiawi di otak seperti hormon kortisol maka terjadilah yang namanya depresi.

Kita langsung saja ke topik utama kita Terima dengan lapang dada/ Legowo

Terima Dengan Lapang Dada

Selamat anda mendapatkan kejutan berupa datangnya depresi. Karena tidak ada cara lain selain menerimanya, semua pasti ada alasan mengapa kita wajib menerimanya bukan menolak mati-matian.
Atas dasar apa kita wajib menerimanya? Sebelum menjawab pertanyaan itu penulis mau bercerita atau mendongeng mengenai kejadian masa kecil. Admin dulu waktu masih sekolah dasar bisa dikatakan ndablek/ nakal, paling payah dan mengalami kesulitan dalam pelajaran hitung-hitungan. Tiap ada pelajaran matematika dasar selalu disetrap/dihukum didepan, anak-anak lainnya pada nonton aja ditempat duduk.
Namun waktu berlalu, kelemahan ini sekarang justru menjadi kelebihan. Mengapa menjadi kelebihan? Karena benar-benar berguna setelah admin menjadi dewasa dan malakukan suatu pekerjaan di bidang hitungan.. Akibat sering dihukum akhirnya muncul suatu gambaran hitung-hitungan diluar kepala. Kebetulan penulis bekerja sebagai kasir dan pagawai toko, itu membutuhkan kecermatan dan ketelitian dalam menjalani profesi tersebut. Namun ternyata hukuman yang sering saya terima sewaktu masih kecil menjadi sangat bermanfaat ke depannya. Depresi pun juga begitu, jujur saja saya pun sempat mengalami nya.

Semua ini pasti berlalu

Setiap badai pasti berlalu. Tapi dalam hidup, semua yang berlalu menandakan mulai nya sesuatu yang baru

Semua pasti paham dengan QUOTE diatas. Mengambil sifat alam yaitu badai pasti berlalu, tak mungkin badai ada terus menerus. Warna indah akan muncul setelah badai menerjang. Percayalah, semua ini akan berlalu !

Lakukan afirmasi positif

Afirmasi merupakan kata-kata positif dalam diri untuk mempengaruhi program alam bawah sadar, istilahnya untuk mensetting kembali.

Caranya gampang… Kalian tiap mau makan pagi siang maupun sore pernah berdoa nggak???

Mulai sekarang jangan lupa berdoa, berdoa menurut agama dan kepercayaaan masing-masing. Lalu tambahin dengan bumbu biar tambah sedap yaitu melakukan afirmasi positif.

Contoh tiap mau makan: berdoa menurut keyakinan lalu setelah itu ucapkan kata-kata positif dalam hati juga tidak apa-apa “semoga dengan makanan dan minuman ini tubuh dan pikiran menjadi sehat segar waras bugar positif dll” intinya tambahin ucapan itu.

Menurut penelitian Dr. Masaru Emoto, air yang diberi kata-kata postif akan merubah struktur molekul yang ada menjadi baik, begitu pula sebaliknya. Mengingat tubuh kita 90% terdiri dari air, maka hal ini penting untuk dilakukan.

Sebelum tidur malam lakukan afirmasi positif lagi, berdoa menurut kepercayaan masing- masing lalu ucapkan kata positif lagi. Intinya berterima kasih kepada Tuhan yang maha esa atas anugerah hari ini. Bangun tidur juga begitu afirmasi lagi, terima kasih sudah diberi kesempatan hidup saya tidak akan menyiakannya, semoga kepribadian hari ini lebih baik daripada kemarin dll.

Jangan pernah capek melakukan afirmasi positif. Luangkan waktu untuk melakukan hal positif tersebut melalui kegiatan sehari-hari saja sudah cukup, toh hanya membutuhkan waktu semenit mengucapkannya.

Setelah berdoa dan melakukan afirmasi positif, lalu sekarang melakukan langkah kongkrit yang sesuai dengan harapan dari doa tersebut. Kenapa perbuatannya harus sesuai dengan doa? Untuk mengoptimalkan hasil yang nyata dari harapan doa tersebut.

Contoh paling simpel, berdoa minta kesehatan. Bagaimana caranya agar efek dari doa tersebut terlaksana? Ya harus sesuai dengan ucapan tersebut, yaitu olahraga, makan makanan yang bergizi dan lain sebagainya. Doa minta keselamatan, ya langkah kongkritnya harus berbuat baik terhadap siapa saja tanpa pandang bulu. Jangan sampai berdoa minta kesehatan dan keselamatan , namun tidak pernah olahraga dan makan makanan yang tinggi kolesterol mencelakai orang lain justru berbanding terbalik dengan hasil yang diharapkan.

Tersenyum dong!

Kenapa harus tersenyum?? Meskipun senyuman kesannya biasa saja tapi dapat memberikan efek yang menenangkan bagi jiwa. Yang merasa sakit mungkin belum bisa untuk tersenyum dengan tulus sumringah, kalau awal-awal masih wajar belum bisa tersenyum lebar karena efek wajah yang masih kaku dan perasaan yang masih datar.

Caranya tiap bangun pagi, melek mata jangan lupa afirmasi positif seperti yang dijelaskan di keterangan sebelumnya , lalu waktu mengucapkan diiringi dengan seulas senyuman. Bangun pagi cuci muka menghadap cermin jangan lupa tersenyum, mau awal beraktivitas jangan lupa tersenyum dan lain sebagainya.
Ini untuk melatih otot wajah juga dapat menghilangkan perasaan yang gundah gelisah.

Sabar, Bandel, dan Konsisten

“Sabar Iku Mustikaning Laku”

artinya kesabaran itu ibarat permata dalam menjalani hidup.

Karena kita harus mengutamakan kesabaran agar hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan, karena tanpa kesabaran maka mustahil untuk mencapai hasil yang di inginkan.

Bandel bukan nakal bukan berarti tidak mau diatur tapi dalam arti pantang menyerah, pantang putus asa, jatuh bangun lagi.

Konsisten harus ajeg, disiplin, lumintu (berkesinambungan).

Konsumsi makanan & minuman hangat

Kalau sedang mengalami depresi hidup rasanya suram tak bergairah trengginas tak punya semangat hidup lemes lungkrah dan lain sebagainya. Karena efek dari energi hawa negatif (Yin) dalam tubuh yang kuat.
Untuk menyeimbangkannya perlu asupan makanan dan minuman juga, fungsinya untuk menetralkan dan menghilangkan efek energi tersebut. Kalau bisa usahakan makan makanan yang mengandung unsur hangat atau panas, dah tau kan makanan minuman panas? Ya makanan yang baru saja diolah hangat-hangat suam kuku.
Jangan makan minum yang dingin apalagi minuman es dingin. Minuman dingin sih enak, tapi dikurangi atau jangan dikonsumsi dulu. Kalau makan panas dan pedas badan keringatan itu tandanya sehat.

Jalan – Jalan

Rekreasi itu penting dan berpengaruh signifikan positif terhadap penyembuhan depresi, bagi yang minder takut ketemu sahabat atau teman bisa keluar kota menikmati suasana lain. Coba kunjungi tempat dimana saudara inginkan, seperti mengunjungi tempat dimana kita pernah tinggal dan pernah merasakan kebahagiaan disana.
Kayak nostalgia istilahnya, jadi ingat waktu dulu pernah tinggal atau mengunjungi daerah tersebut kita akan ingat memory kebahagiaan apa aja sewaktu kita tinggal disini. Disitu bisa muncul awal ketentraman dan kebahagiaan.

Meditasi

Ini salah satu cara yang paling kuno dalam pengobatan dalam segala hal, Meskipun kelihatan kuno namun sifatnya tak lekang oleh waktu tergerus oleh jaman karena sifatnya universal tidak bisa dimonopoli oleh beberapa kalangan. Efeknya yang luar biasa. banyak orang yang sembuh hingga ada yang menjadi tercerahkan ketika melakukan hal tersebut. Gunanya untuk melatih dan menenangkan batin (perasaan maupun pikiran)

Caranya: posisinya duduk bersila atau rebahan, sebelum memulai bisa berdoa dulu menurut kepercayaan masing-masing tambah afirmasi positif jangan lupa tersenyum simpul. Mata tertuju pada ujung hidung, bagi yang belum bisa konsentrasi cukup pejamkan mata saja.
Begitu mulai rasakan dan amati nafas keluar masuk, di ujung hidung, bagi pemula nafas keluar masuk jangan lupa dihitung. Satu kali nafas keluar masuk dihitung satu, nafas keluar masuk kedua dihitung dua dan seterusnya. Bagi yang kehilangan atau lupa urutan hitungan berarti pikiran anda sudah lari kemana-mana belum bisa konsentrasi dengan benar. Kalau nanti tertidur itu karena badan dan fikiran udah relaks. Dicoba dulu minimal 15 menit tiap melakukannya, dipakai mau tidur malam atau bangun tidur agar aktivitas sehari-hari menjadi lebih tenang. Kalau pikiran lagi kalut juga begitu, fokus amati pada nafas keluar masuk. Ini gunanya mengalihkan batin agar menjadi tenang kembali.

Semuanya harus dilakukan dengan konsisten, disiplin, pantang menyerah, dan daya juang yang tinggi karena tidak ada hasil yang instan. Ibarat langkah seribu kilo harus dimulai dengan satu langkah kecil, bangunan yang megah dimulai dari gundukan tanah, orang bisa berlari dimulai dari bayi belajar berjalan. Namun percayalah semua ada hasilnya.

Bagi yang sudah merasa enak pikiran negatif seperti bunuh diri hilang mulai muncul rasa bahagia meskipun kecil, cobalah untuk mengurangi konsumsi obat agar tidak menimbulkan ketergantungan. Jika kepala agak pusing gelisah karena efek penurunan pemakaian obat, bisa dibantu alternatif lain dgn cara konsumsi ginkgo biloba, kalau tidak konsumsi pegagan, konsumsi teh hijau, jahe, perbanyak makan sayuran untuk menenangkan pikiran.

Saya kira cukup segitu untuk topik hari ini.

Jangan lupa tersenyum! 🙂

Source : https://kask.us/iyBm8

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.