HIBAH PP PTS 2019

PP-PTS Tahun 2019 merupakan program bantuan pengembangan institusi yang ditujukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran melalui perbaikan proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kinerja perguruan tinggi swasta. Dimana sasaran PP-PTS 2019 adalah Perguruan Tinggi Swasta dibawah binaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Perguruan tinggi swasta yang dapat menerima bantuan ini adalah PTS yang berada pada kluster 4 dan 5 sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 2189/C/KEP/VIII/2017.

Maka dari itu kami STF Muhammadiyah mengajukan untuk program kami yaitu :

  • Judul Program

Pengembangan Sistem Pembelajaran Berbasis Penguatan Sains Dasar yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan relevansi sarjana farmasi yang mampu memahami permasalahan terkait sediaan farmasi sehingga dapat mengelola dan memberikan pelayanan kefarmasian yang aman, efektif dan bermutu.

  • Latar Belakang

STF Muhammadiyah Cirebon merupakan lembaga pendidikan tinggi farmasi yang mencetak tenaga teknis kefarmasian jenjang D3 farmasi dan S1 farmasi. Program studi D3 farmasi merupakan jenjang pendidikan vokasi untuk mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan ilmu pengetahuan. Adapun program studi sarjana farmasi fokus utama kurikulum sarjana farmasi adalah pada penguasaan dan keterampilan (Knows & Knows how). Sesuai dengan piramida Miller pencapaian lulusan sarjana farmasi merupakan jenjang awal pencapaian kompetensi lulusan difokuskan pada kemampuan kognitif yaitu pada penguasaan pengetahuan (knowledge) dan ketrampilan (skills) untuk level “knows” dan “knows how”. Lulusan pendidikan farmasi harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang unik terintegrasi dengan baik antara ilmu-ilmu sains dasar, kesehatan dan teknologi farmasi, dengan fokus kemampuan dalam penyediaan obat (sediaan farmasi) yang aman, efektif dan bermutu, serta kemampuan dalam pelayanan kefarmasian yang berorientasi pada keamanan dan kemanjuran penggunaan obat. Kompetensi (learning outcomes) lulusan pendidikan farmasi mencakup keterampilan, perilaku, sikap dan tata nilai yang dimiliki oleh lulusan berbasis pengetahuan yang diperoleh selama pendidikan dan pengalaman praktik. Pengembangan kompetensi lulusan pendidikan farmasi mengacu pada empat pilar pembelajaran yaitu pilar pertama “Learning to know” yaitu mengetahui, menemukan dan memahami suatu proses (knowledge cognitive). Pilar kedua “ Learning to do” yaitu keterampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan dalam praktek, belajar memecahkan masalah, belajar bekerjasama, mengambil inisiatif dan resiko (practise, psychomotoric, attitudes). Pilar ketiga “Learning to life together” yaitu kemampuan memahami diri sendiri, orang lain, mengembangkan empati, respek dan apresiasi pada orang lain, menghargai perbedaan nilai dan budaya kesediaan untuk menyelesaikan konflik dan kemampuan untuk bekerjasama (team work, collaboration, growing independence). Pilar ke empat “Learning to be” yaitu pengembangan kepribadian individu secara utuh melalui penguasaan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang kondusif bagi pengembangan kepribadian dalam dimensi intelektual, moral , kultural dan fisik ( experience,affective,attitude, behavior). Untuk mampu menghasilkan sarjana farmasi yang kompeten dalam melakukan pekerjaan kefarmasian diperlukan landasan science yang kuat. Hal ini dapat diperoleh dengan terpenuhinya proses pembelajaran baik teori maupun praktik yang didukung oleh alat-alat laboratorium yang memadai baik secara kualitas dan kuantitas.

  • Tujuan

Untuk memberikan landasan yang kuat pada pembelajaran sains dasar sehingga dapat diterapkan dalam memformulasikan sediaan obat, obat tradisional dan kosmetika, melakukan pengendalian mutu dan, memahami permasalahan terkait sediaan farmasi sehingga dapat mengelola dan memberikan pelayanan kefarmasian yang aman, efektif dan bermutu.

Untuk lebih lengkap silahkan download :

proposal-PP-PTS-2019-compressed

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.